Blog lainnya

Translate

Sabtu, 24 Maret 2012

Kebenaran

Bicara KEBENARAN memang sangatlah rentan timbulkan perdebatan, saya mendapatkan pelajaran sbb.:
Indra Trenggono (2009) menyatakan bahwa sejauh ini masyarakat mengenal ada 3 macam KEBENARAN, yaitu Kebenaran subyektif, obyektif dan sejati.
1.Kebenaran Subyektif.
Kebenaran yang mengukur benar-salah dari kepentingan personal. Dalam kebenaran subyektif ini, sang "AKU" menjadi pusat orientasi nilai. "AKU" bisa bermakna KEKUASAAN dan jelmaan dari "AKU" yang jamak yang menghegemoni Kebenaran Obyektif. Ketika kebenaran subyektif menindas kebenaran obyektif dan kebenaran sejati, yang terjadi adalah distorsi nilai dan sistem sosial yang timpang.
-Dalam konteks hukum, warga negara tidak menemukan kepastian kebenaran dan keadilan.
-Dalam konteks politik, warga negara tidak menemukan demokrasi sejati sehingga kedaulatan rakyatpun tersandera di tangan penguasa.
-Dalam konteks ekonomi, warga negara tidak menemukan kehidupan yang layak dan sejahtera karena ekonomi dihegemoni kelompok elite. Warga negara menjadi obyek eksploitasi.
-Dalam konteks budaya, warga negara tidak mendapatkan hak-hak budayanya yang maksimal: misalnya hak mendapatkan pendidikan, hak mendapatkan informasi, hak mengembangkan kebudayaan dan hak mengembangkan potensi diri.
2. Kebenaran Obyektif.
Kebenaran yang bersifat normatif dan berdasarkan nalar sosial. Kebenaran obyektif paralel dengan kebenaran sejati, karena Tuhan menciptakan kebenaran sejati pada dasarnya untuk kehidupan kolektif manusia, bukan untuk diri-Nya.
3. Kebenaran Sejati.
Kebenaran yang bersumber dari kebenaran Tuhan.
Di antara ketiga kebenaran tersebut ternyata kebenaran subyektif lah yang paling menonjol. Oleh karena itu patutlah kita merenungkan Firman Allas SWT (QS Ali Imran ayat 190):"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berakal".
Semoga kita termasuk orang-orang yang pandai menghormati hak-hak orang lain serta memahami tanda-tanda kebesaran Illahi, Insya Allah.............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar